Sunday, July 23, 2017

#2 Perjuangan Orangtua


Oleh: Khansa S@F

Si bungsu akhirnya terpaksa ikut kuliah sama umi, karena selain masih kecil juga masih membutuhkan ASI Ekslusif. Dari kampung, umi mengajak satu orang yang mau bantu-bantu umi, namanya Mba Ida.

"Kalau pas umi ada kuliah, Mba Ida yang jagain si Dede" kenang umi.

Setiap hari, pasti saat jam 9 pagi,  umi izin keluar kelas, alasannya ingin pipis atau apa saja. Semua teman umi pasti hafal manakala jam 9 tiba, umi pasti izin keluar. Tentu saja, umi keluar bukan untuk pipis atau yang sejenisnya, tapi keluar  untuk memberikan ASI pada si bungsu.

Waktu istirahat tiba pun, teman-teman umi asyik  bercengkrama dengan teman-teman yang lainnha, umi engga, setelah makam dan solat zuhur, umi menemui si bungsu dan kembali memberi ASI pada si bungsu.

Jika harus berlebihan, bukan main capeknya melihat umi, karena ini beasiswa yang bisa dibilang beasiswa percepatan, jadi, waktu belajarnya sangat full.

"Dari pagi jam 7 sampe jam 8 malam, umi duduk di kelas dengerin dosen ngomong" Kata umi masih sambil menikmati lagu kenangannya.

"Bayangin aja, kuliah yang harusnya 2 tahun, dipercepat jadi satu setengah tahun,  makannya engga jarang kuliah baru selesai jam 8 malam, belum lagi, setelah pulang, bukan malah istirahat tapi  ngerjain tugas kuliah dan harus bangun malam, huft..." keluh umi.

Aku jadi membayangkan bagaiamana jika ada di posisi umi saat itu. Harus ngerjain tugas kampus, belum lagi, mengurus si bungsu, setiap malam sudah alamat tidak tidur, karena bayi kan suka terbangun tengah malam, tapi dengan adanya si bungsu, umi bisa terobati, karena selama ngerjain tugas malam, ada si bungsu yang menemani.

Aaaaaaaakkh umi, kamu hebat! Kalau aku jadi umi, mungkin aku belum sanggup, menggunakan otak, fisik, tenaga secara bersamaan.

Bersambung.

No comments:

Post a Comment