Thursday, August 17, 2017

Masalah Copy Paste (COPAST)


Oleh : Khansa S@F

Pernah Copast tulisan orang? Pasti sering ya, hehehe. Sebenarnya saya tidak mau membahas ini, tapi karena malam ini ingin menulis terkait ini, saya coba menuliskannya, semoga ada pelajaran yang dapat diambil, aamiin.

Bermula dari seorang sahabat yang memberitahu saya akan tulisan saya yang dicopas orang yang tak dikenal inilah tulisan ini ada.

Jadi ceritanya begini...
Di sebuah group WA.

"Tulisan kamu Vi, tapi dihapus namamya 😪, itu tulisan kamu kan, Vi?" Tanya seorang sahabat sambil menyodorkan hasil  screnshoot nya.

"Iya, tidak apa-apa biarin ajaa hehe... mungkin niat dia juga ingin berbagi..." jawabku santai

"Berbagi atau nyontek tulisan orang??  #mariberpikirkeras 🤔🤔🤔🤔" kata salah satu sahabatku yang lain.

Di group yang dibuat ini ada 3 orang anggota, salahsatunya saya.  Group Love namanya :)

"Sebetulnya, makhluk emang tidak ada hak cipta sesungguhnya. Karena rangkaian tulisan kita itu tidak lain ilmu yang Allah kasih ke kita. Jadi ahsannya (baiknya) penulis engga merasa tersinggung apalagi galau cuma gara-gara ini ya, Vi. Ambil hikmahnya aja, semakin banyak tulisan kita dishare semakin banyak orang  liat dan mudah-mudahan bawa manfaat. Pahala engga pernah ketuker. Jadi santai ajaa... hihihi.  Cuma nasihat aja buat orang yg suka copas, adab menshare ilmu itu mencantumkan sumbernya.
Keberkahan diliat dari cara perolehnya, toh?" Kata salah satu sahabatku.

Iya, dari awal, niat saya menulis memang untuk lillah (semoga istiqomah :')),jadi saat ada orang yang Copast tulisan, saya santai-santai saja, malah senang, tapi memang benar apa yang diucapkan sahabat saya, dari semua aspek kehidupan yang kita jalani ini, tentu ada adab dan etikanya.

Sekali pun saya sudah tanamkan dalam hati dan diri saya bahwa apa yang saya miliki saat ini memamg bukan milik saya, apa yang saya tulisan saat ini memang Allah lah yang memberi ilmumya, tapi tetap, saya pun sebagai manusia akan berusaha sekuat tenaga untuk mengikuti adab/aturan yang ada.

Teruntuk saya dan kamu yang suka copast, semoga ke depan, kita lebih cerdas dalam menyikapi hal ini.

Sebenarnya, saya sendiri kurang suka copast tulisan orang, lebih suka share tulisan sendiri, agar saat ada orang yang menggugat bisa langsung dipertanggungjawabkan. Tapi tetap, tak jarang  tangan ini begitu gatalnya ingin  mengcopas tulisan orang.

Makanya, jika sudah tahu demikian, ada baiknya,  jika kita ingin copast tulisan orang, pakailah adab dan etikanya, dan cermati serta amati tulisan yang akan kita copas terlebih dahulu. Karena bagaimana pun, apa yang saat ini kita kerjakan pasti nanti akan dipertanggungjawabkan, kan? :)

Bumi, 17Agustus 2017 21:15 Wib

No comments:

Post a Comment