Tuesday, March 14, 2017

1 Tips Lagi

Sudah lama tak berbagi tips, sekarang sepertinya waktu yang pas untuk saya berbagi.

Siapkan pikiran tak lupa  hati, agar saat membaca, bukan  hanya sampai pada ingatan tapi juga hati hehehe.

Tulisan kali ini membahas ide, inspirasi dan sejenisnya, kenapa harus ide? Karena kebanyakan penulis pemula seperti saya amat bingung untuk meciptakan ide atau  mencari inspirasi.

Padahal sebenarnya, setiap manusia itu pasti punya ide tapi kita saja yang malas untuk mencarinya.

Ada orang yang sedang merenung di danau kemudian kita bertanya sedang apa, dia jawab sedang mencari inspirasi. Atau  ada juga orang yang
Sedang berlari-lari kecil mengitari rumahnya sendiri, tatkala kita bertanya sedang apa, dia jawab sedang mencari inspirasi.

Baik ide, inspirasi dan apapun namanya, sebenarnya gampang dicari. Asal apa? Asal kita mau mencarinya.

Baik,  ada banyak cara untuk menuliskan sebuah ide atau inspirasi, Namun disini saya sebutkan 2 cara dulu, karena kedua cara ini sudah saya lakukan. Hasilnya, lumayanlah dengan cara ini saya bisa temuka ide kemudian menuliskannya.

Cara pertama, sebenarnya yang saya pahami, mendengar musik itu tidak baik, tapi karena saya juga masih proses belajar hehe, jadi saya masih suka mendengarkan musik saat-saat sedang menulis. Contoh dalam tulisan yang saat ini saya tulis.

Sebelumnya, saya menulis teman besarnya cinta karena saat itu saya sedang mendengarkan lagu  tentang cinta. Bedalagi dengan tulisan yang sekarang saya tulis. Sekarang saya bukan mendengarkan lagu tentang cinta, melainkan musik instrumen.

Kadang dari  setiap lagu, saya bisa menghasilkan tulisan yang berbeda-beda. Tergantug jenis lagunya apa.

Bagaimana untuk cara pertama ini, mau coba?, untuk awal-awal coba dulu saja cara yang saya berikan. Memang sih setiap orang punya cara masing-masing, ada yang dengan kesunyian orang tersebut menghasilkan tulisan. Semuanya kembali kepada kita sebagai pelaku hehe.

Cara kedua  ialah dengan melihat gambar. Baru-baru ini, saya sering post di IG foto-foto lama dan memang saat melihat foto itu entah mengapa hati tergerakkan untuk menuliskan kejadian yang ada di foto tersebut.

Saya sudah coba, dan bagi saya ini efektif bagi yang ingin belajar menulis. Dengan melihat gambar kita bisa berimajinasi.

Coba buka dokumen-dokumen lama, temukan foto tua, ceritakan pengalaman apa yang pernah terjadi di foto tua tersebut, pasti asyik ^^.

Bagaiaman untuk 2 cara di atas, mau langsung coba atau pikir-pikir dulu?.

Kalau mau pikir-pikir dulu berarti namanya bukan mau menjadi penulis tapi pemikir hehe.

Semoga bermanfaat :).

No comments:

Post a Comment