Wednesday, July 2, 2014

LOE GAGAL?




6  Juli 2012 19:43 WIB
Kata “gagal” memang identik dengan orang yang sudah tidak mempunyai harapan lagi, kata itu simpel namun penuh arti mendalam, kadang dengan kata yang secuil itu orang yang berani karena takut gagal akhirnya mundur sebelum perang meletus.orang yang sudah mengalami kegagalan hatinya hancur, semangat hidup hilang, rasa percaya diri musnah, kesedihan melanda bertubi-tubi. Namun tahukan kawan bila kita mengkaji lebih dalam apa itu gagal, tentu gagal adalah awal dari sebuah kesuksesan. Sedikit orang yang berfikir demikian termasuk aku.
Tapi sekarang, jika aku ditanya pernahkah kamu  gagal?,aku akan menjawab dengan berani dan lantang  ” Aku pernah mengalami kegagalan”. Dulu, sebelum aku menginjak usia dewasa, ketika aku mengalami kegagalan seluruh isi hatiku aku curahkan kepada kedua orang tuaku, aku merengek,menangis,membantingkan tubuhku karena aku gagal mendapatkan juara kelas. Dulu aku memang  belum mengerti apa arti kegagalan yang sesungguhnya. Sekarang ketika aku menginjak dewasa kata gagal sudah tidak asing lagi aku dengar bahkan di rasakan, rasanya sehari saja tidak ada kata gagal hidup terasa tidak berwarna. Sekarang aku mengerti makna gagal yang sesungguhnya. Pepatah mengatakan “ kegagalan awal dari sebuah kesuksesan” itu benar, bukankah nabi kita Muhammad SAW pernah mengalami kegagalan dalam mengajak umatnya untuk masuk ke dalam agama islam?, namun begitu Nabi kita tetap berjuang bahkan tetap berdakwah walapun pernah mengalami kegagalan.sekarang kita lihat, begitu banyak pengikut beliau. Di balik kesuksesan beliau, ternyata beliaupun pernah mengalami kegagalan.aku termenung setiap kali melihat orang yang gagal, ribuan expresi kegagalan pernah aku lihat, termasuk melihat expresiku ketika aku gagal. Jelek,tidak enak di pandang begitu banyak kata yang tidak enak di dengar. karena itu setiap kali aku mengalami kegagalan,kata inilah yang membuatku terus bertahan
 “ SEMANGAT!”. Ya... semangat kawan, jangan mundur bilamana kegagalan melanda, justru dengan kegagalan itu selain hidup kita berwarna tentu ada hal yang baik didalamnya, coba bayangkan bilamana seseorang yang sukses tidak pernah mengalami kegagalan tentu saja mereka akan sombong dan tidak akan mengingat siapa yang menjadi dalang dari semua kesuksesannya. Oleh karena itu kawan jangan jadikan kegagalan itu awal dari sebuah kehancuran tapi jadikanlah kegagalan itu adalah awal dari sebuah kesuksesan kita, jangan pernah putus asa bilamana kegagalan melanda, walaupun sedih, sakit hati, kecewa namun yakinlah dengan adanya kegagalan itu kita bisa mengambil pelajaran yang amat sangat berharga dan pasti sang maha pencipta telah menggariskannya untuk kita, ingat kawan rencana sang maha kuasa jauh lebih baik di bandingkan dnegan rencana kita, jika kita memilih universitas yang kita inginkan tapi ternyata gagal jangan bersedih kawan, kita harus tetap ingat rencana Allah itu baik, dan jangan tinggalkan kata “semangat”, karena dengan begitu segala kegalauan yang melanda akan musnah apabila kita menerima semuanya dengan lapang dada,ikhlas dan penuh dengan semangat.
Jadi... teruslah berusaha jangan mudah menyerah jika kegagalan melanda terus menerus  kita harus bangga karena dengan kegagalan itu apa yang kita inginkan pasti akan  berhasil, ingat kawan “ PASTI!” camkan dalam hati  kegagalan bukan suatu halanagan justru sebuah proses menuju kesuksesan.




No comments:

Post a Comment