Saturday, February 17, 2018

MATERI SABTU 5

*MATERI SABTU 5*

*Seputar Pengusaha*

_Oleh: Ippho Santosa_

Apalah arti sebuah nama? Ujar seorang pujangga. Dia keliru. Nama sangatlah berarti. Terbukti, dia bangga dengan namanya dan tidak mau diganti namanya.

Menurut survey, wanita dengan nama Jennifer dipersepsi lebih cantik daripada wanita dengan nama Gertrude. Memang, ini hanya persepsi. Tapi, bukankah segala sesuatu berawal dari persepsi (first impression)?

Di Barat, sebuah riset dilakukan oleh situs The Knowledge Academy untuk mengetahui nama-nama wanita seperti apa yang cenderung sukses berkarier.

Mereka pun berusaha mencari tahu nama-nama wanita dari 500 ribu CV. Tepatnya, data ini berupa nama depan dan gaji tahunan mereka. Ternyata seru juga.

Dan inilah tiga nama wanita yang menurut riset berpendapatan besar, yaitu Lily, Isabella, dan Ella. Selain itu, nama-nama wanita lain yang menurut riset berpendapatan besar adalah Amelia, Emily, Mia, Jessica, dan Olivia.

Tentu saja, ini di Barat. Bukan di Indonesia.

Dalam Islam, nama itu doa. Hendaknya dipilih yang baik-baik. Nabi Muhammad bahkan pernah mengganti nama seseorang karena nama orang itu mengandung makna yang tidak baik.

Adapun umat Kristiani berpegang pada Amsal 22:1 yaitu, "Lebih utama memilih nama yang baik daripada kekayaan yang melimpah." Ya, nama bukan sesuatu yang sepele.

Maka, sudah semestinya kita berhati-hati dan bersungguh-sungguh dalam memilih nama atau merek (brand). Jangan asal. Jangan dangkal.

@khansa_saf
#BeAGoodMuslimah

*ADMIN*

No comments:

Post a Comment