Saturday, February 10, 2018

MATERI SABTU 4

*MATERI SABTU 4*

Oleh: Ippho Santosa

Sejauh mana kita melek internet? Sejauh mana kita menghasilkan uang dari internet? Data Internet World Stats menyebutkan bahwa penetrasi pengguna internet dunia berada di angka 51,7 persen populasi dunia. Ini sebuah angka yang wow!

Menurut Cisco, penetrasi internet di Indonesia pada 2016 telah mencapai 33% dari total populasi. Penetrasi tersebut diprediksi terus meningkat hingga 66% dari total populasi pada 2021. Sedangkan rata-rata speed internet nasional akan meningkat jadi 16,0 Mbps.

CEO Strategic Development Tokopedia Doni Nathaniel menyatakan, perkembangan dunia digital di Indonesia sejalan dengan penetrasi internet di Indonesia yang terus meningkat. Disebutkan, penetrasi internet di Indonesia merupakan yang TERTINGGI di Asia Tenggara! Wow!

Caesar Sengupta, VP Product Management Google, menyebut bahwa Indonesia, India, Filipina, dan Brazil merupakan negara-negara utama yang berpotensi menyumbang tambahan pengguna terbesar bagi aplikasi-aplikasi bikinan Google.

Di Indonesia, 72 persen orang mengakses internet melalui ponsel pintarnya (smartphone). Ya, Indonesia berada di peringkat kedua sebagai negara yang mengakses internet menggunakan ponsel pintar.

Ingat, internet adalah pasar. Bahkan pasar yang sangat dekat. Sedekat smartphone kita, terutama saat kita mengambilnya dari kantong kita. Sejauh mana kita melek internet? Sejauh mana kita menghasilkan uang dari internet? Apakah kita hanya jadi penonton dan konsumen saja di internet?

Think.

@khansa_saf
#BeAGoodMuslimah/GM

*ADMIN*

No comments:

Post a Comment