Wednesday, February 14, 2018

MATERI RABU 5

*MATERI RABU 5*

*HUKUM HAID DAN NIFAS*

*Hal-hal yang Dilarang Saat Haid dan Nifas*

_Diambil dari buku Minhajul Muslim oleh Syaikh Abu Bakar Jabir al-Jaza'iri (Pengajar tetap di Masjid Nabawi)_

1. Bersetubuh,  berdasarkan firman Allah SWT. 

_"Dan janganlah kalian mendekat mereka,  sebelum mereka suci (mandi)"_ (Al-Baqarah: 222)

2. Shalat dan puasa.  Hanya saja puasa wajib di_qadha_ (diganti)  setelah suci,  sedang shalat tidak wajib di_qadha_,  berdasarkan sabda Rasulullah SAW

_"Bukankah apabila seorang wanita sedang haid,  berarti ia tidak shalat dan tidak berpuasa?"_ diriwayatkan oleh Bukhari,  No. 304.

Juga berdasarkan keterangan Aisyah RA. 

_"Ketika kami mengalami masa haid pada masa Rasulullah SAW,  maka kami diperintahkan mengkadha' puasa,  tetapi tidak diperintahkan mengqadha' shalat."_ Diriwayatkan oleh Bukhari,  No.321.

3. Memasuki Masjid,  berdasarkan sabda Rasulullah SAW,

_"Aku tidak menghalalkan masjid bagi wanita yang sedang haid dan orang yang junub. "_ Diriwayatkan oleh Abu Dawud,  No. 232. 

4. Membaca Al-Qur'an,  berdasarkan hadits terdahulu,

_" Orang yang junub dan wanita yang sedang haid tidak boleh membaca sesuatu pun dari Al-Qur'an. "_ Diriwayatkan oleh at-Tirmidzi,  No. 131.

5. Cerai,  seorang wanita yang sedang haid tidak boleh dicerai,  akan tetapi hendaklah ditangguhkan hingga suci dan sebelum digauli,  berdasarkan keterangan dalam suatu riwayat bahwa suatu ketika Ibnu Umar menceraikan istrinya di saat sedang haid,  kemudian Rasulullah SAW memerintahkannya supaya kembali ke istrinya serta menahannya hingga suci.  Diriwayatkan oleh al-Bukhari,  No. 5252.

Wallahua'lam.

@khansa_saf

Www.khansasaf.blogspot.com

https://t.me/joinchat/AAAAAD-lrDTK9rc1my7Lag

#BeAGoodMuslimah

*ADMIN*

No comments:

Post a Comment