Monday, July 18, 2016

Sudah Baligh?

#HanyaOpini

Beberapa hari ini, saya di sibukkan mengoreksi dan menginput kuesioner penelitian tugas akhir kampus.

Dalam tugas akhir ini, saya akan meneliti _"Faktor-faktor yang berhubungan dengan perilaku pacaran"_ tentu ada tantangan tersendiri, karena tidak mudah memang, tapi saya yakin Allah akan membantu saya..

Dalam kuesioner yang saya buat, terdapat pertanyaan yang terkait aktifitas-aktifitas apa saja yang di lakukan pada saat pacaran. Hasilnya sungguh saya sendiri prihatin pada anak muda jaman sekarang.

Saya tidak akan bahas banyak, karena jika di bahas semua mungkin bisa menghasilkan satu buah buku hehe.

Di tulisan kali ini saya akan mengatakan bahwasanya, salah satu aktifitas yang kebanyakan responden lakukan dengan pacarnya ialah mengobrol dan curhat.

Sayapun dapat mengambil sedikit kesimpulan bahwasanya mereka-mereka yang pacaran sebenarnya orang-orang yang dalam hidupnya kesepian dan banyak masalah hehe...

Satu hal yang perlu di ingat, sungguh ajaran Islam sungguh luar biasa dahsyatnya.

Kenapa Islam sangat menganjurkan laki-laki atau perempuan apabila sudah baligh harus segera di nikahkan.

Itu karena, ketika laki-laki atau perempuan baligh, dalam hal ini adanya sebuah peralihan/perpindahan besar yang sangat berpengaruh.

Ini hanya pandangan saya yah hehehe...

Saya menyamakan masa kanak-kanak ialah masa di mana belum baligh, dan masa remaja saya namakan masa baligh.

Mungkin para pembaca sedikit banyak mengetahui kejadian-kejadian/perubahan-perubahan apa saja yang di alami pada masa remaja.

Pada saat remaja, pertumbuhan dan perkembangan baik emosional, fisik, psikologis semuanya berkembang dan tumbuh.

Makannya kenapa, ada sebagian orang yang mengatakan masa remaja merupakan masa peralihan dari masa kanak-kanak menuju masa dewasa, mana di mana manusia mencari jatidiri, masa dimana segala perubahan terjadi.

Tentu, jika dalam masa ini, laki-laki atau perempuan  mengalami keterhambatan dalam perkembangan dan pertumbuhan, maka akan berdampak  pada masa yang akan datang, begitupun sebaliknya.

Kembali ke topik utama. Kenapa mereka-mereka yang dalam aktifitas  berpacaran hampir semua responden menyebutkan mereka sering mengobrol dan curhat? Itu tandanya mereka mempunyai banyak masalah pada masa ini. Terbukti dengan banyaknya bahkan hamipr seluruh reaponden menjawab salah satu aktifitas mereka dalam pacaran ialaj cuthat.

Adanya curhat biasanya di pacu oleh hadirnya masalah, right or No? 😬

Sebenarnya inti dari tulisan ini sih hanya menekankan bahwasanya, islam itu sudah mengatur segala urusan manusia dari hal terkecil hingga terbesar.

Kenapa islam menyuruh laki-laki atau perempuam baligh segera di nikahkan, itu karena pada masa baligh inilah masalah atau hal apapun akan muncul.

Pada masa ini, baik laki-laki maupun perempuan membutuhkan partner yang   menguatkan.

Sepertinya sekian. Semoga bermanfaat 😁

Wallahu'alam

No comments:

Post a Comment