Tuesday, January 30, 2018

MATERI SELASA 6

*MATERI SELASA 6.

*Wanita Hendaknya Menepati Janji*
(Q. S Al-Baqarah: 83)

_Diambil dari Al-Qur'an Cardoba Spesial For Muslimah_

Sesungguhnya perjanjian Allah dengan Bani Israil mengandung kaidah-kaidah yang tetap.  Kaidah-kaidah itu juga dibawa oleh Islam,  lalu mereka mengingkari dan menolaknya. Perjanjian pertama menyangkut akidah,  yakni tauhid yang bersifat mutlak bahwa mereka tidak menyembah selain Allah. Selanjutnya merekapun diperintahkan untuk berbuat baik kepada orang tua,  kerabat,  anak yatim,  dan orang-orang miskin. Perjanjian ini juga berisi seruan kepada manusia agar berkata baik kepada manusia,  terutama amar ma'ruf dan nahi munka. Demikian juga dengan kewajiban salat dan zakat. Semua ini merupakan kaidah-kaidah Islam.

Melalui ayat ini Allah Swt mengingatkan Bani Israil terhadap apa yang telah Dia perintahkan kepada mereka dan pengambilan janji oleh-Nya atas hal-hal tersebut dari mereka. Akan tetapi mereka berpaling dari semua itu dan menentang secara sengaja dan direncanakan,  sedang mereka mengetahui dan mengingat hal itu.

Hak yang paling utama bagi Allah Swt adalah agar kita menyembah dan tidak menyekutukan-Nya dengan suatu apa pun,  karena untuk itulah Allah menciptakan kita. Kemudian berikutnya adalah hak terhadap makhluk  dan yang paling dikuatkan dan harus ditunaikan adalah hak kedua orang tua.

Kemudian berikutnya hak anak-anak kecil yang tidak punya orang tua yang menanggung hidup mereka.  Hak orang-orang miskin yang tidak menjumpai apa yang mereka belanjakan bagi diri mereka sendiri dan keluarganya. Kemudian yang terakhir adalah hak untuk melakukan amar ma'ruf nahi munkar tentunya dengan cara-cara yang ma'ruf.

Dengan demikian,  umat diberi kepercayaan oleh Allah Swt utnuk mengerjakan perintah-perintah Allah yang tidak bisa dikerjakan oleh umat-umat sebelumnya.

(Ibnu Katsir,  Tafsir Al-Quranil Azim,  Jilid 1, 1996: 124).

Wallahua'lam.

@khansa_saf

Www.khansasaf.blogspot.com

https://t.me/joinchat/AAAAAD-lrDTK9rc1my7Lag

#BeAGoodMuslimah/GM

_*Admin*_

No comments:

Post a Comment