Thursday, January 11, 2018

*MATERI KAMIS*

*MATERI KAMIS*

*Seputar Kepenulisan*

*Satu Langkah Merubah Peradaban*

Oleh: @khansa_saf

Bismillah...
Sebelum melanjutkan membaca,  daripada sia-sia,  alangkah lebih baiknya teliti dengan saksama, karena tulisan ini saya khususkan bagi mereka yang mau membuat sejarah melalui satu langkah yang penuh perjuangan.

Apakah satu langkah itu?  Sebelum saya sebutkan,  sebaiknya coba kita renungkan sama-sama,  kembalikan ingatan kita pada masa di mana pena menjadi sebuah senjata

Tahukah?  Bagaimana jadinya jika pada masa pembukaan Al-Qur'an tidak ada satu orang pun yang menuliskan,  bagaimana nasib kita?  Jika seandainya Al-Qur'an,  firman Allah yang Mulia hanya di hafal  tanpa ada bekas dalam sebuah kertas.

Namun,  melalui karunia-Nya,  melalui nikmat akal-Nya,  melalui kekuasaan-Nya,  Allah abadikan Al-Qur'an dengan ada orang yang diamanahkan untuk menuliskan agar Al-Qur'an  bisa dinikmati serta dipelajari oleh ummat di masa yang akan datang. 

Dapat kita sama - sama simpulkan betapa tulisan amat dahsyat pengaruhnya dalam kehidupan kita,  bukan?.

Lantas,  saat ini,  izinkan saya bertanya. Masih ragukah untuk menulis?  Kenapa mesti ragu?  Bukankah ada banyak peradaban yang maju karena sebuah tulisan? 

Atau bukan ragu,  tapi malu?  Hey...  Untuk apa malu?  Malulah pada tempatnya!  Jangan sampai malumu mengalahkan potensimu. 

Ada banyak dari kita yang sebenarnya bisa menulis namun karena sebuah malu,  tulisan yang bisajadi bertabur manfaat melebur begitu saja.

Tidakkah sayang dengan akal serta pikiran yang Allah amanahkan pada kita?

Allah memberikan segala kelebihan pada manusia melebihi makhluk apapun salahsatu alasannya agar dengan kelebihan tersebut kita bisa menjadi sebaik-baik manusia.

Bukankah sebaik-baik manusia adalah bermanfaat untuk orang lain? 

Sekarang,  mulailah coba menulis sepatah dua patah kata dengan diniatkan untuk kebaikan.  Jangan dulu diniatkan untuk merubah peradaban,  tapi niatkan dulu untuk kebaikan. 

Insya Allah dengan sendirinya,  Allah sendiri yang akan menggerakkan hati kita.

Saat ini,  ada satu langkah yang sebenarnya amat penting dan bermakna bukan hanya bagi dirinya tapi bagi kehidupan sekitarnya.  Tahukah?  Satu langkah yang bermakna itu ialah menulis.

Teman...
Mulailah menulis saat ini juga,
Karena jika sebuah penyesalan ada di awal saya yakin,  setiap orang pasti berkeinginan untuk menulis sebagai ladang kebaikannya baik di masa kini mau pun masa yang akan datang,  namun sayang sebuah penyesalan itu ada di akhir hingga hanya sedikit orang yang memutuskan jalan menulis sebagai ladang untuk berbuat kebaikan.

Wallahua'lam

#BeAGoodMuslimah/GM

_*ADMIN*_

No comments:

Post a Comment